Aplikasi Internet



BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Saat ini perkembangan internet di penjuru dunia berkembang sangat pesat. Internet sendiri berawal dari terciptanya jaringan computer pada tahun 1960. Jaringan computer merupakan sekumpulan computer-komputer yang terhubung satu sama lain dengan menggunakan kabel dalam satu ruangan yang sama. Sedangkan internet dapat menghubungkan computer-komputer yang ada di seluruh dunia.
Pada masa ini internet banyak dimanfaatkan oleh setiap orang.  Internet sangat menarik bagi setiap orang karena dengan internet setiap orang dapat berkomunikasi walaupun dengan jarak yang jauh. Tetapi, internet sebenarnya hanya istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah jaringan, bukan untuk sebuah aplikasi tertentu. Jadi, internet tidak memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya suatu aplikasi tertentu. Untuk itu internet menyediakan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk keperluan yang disebut dengan aplikasi internet. Aplikasi internet inilah yang sering digunakan oleh setiap orang. Aplikasi Internet yang tersedia saat ini sudah banyak dan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi infomasi. Aplikasi-aplikasi internet ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang seperti bidang akademis, medis, media massa, dan berbagai bidang lainnya. Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada, yang banyak dikenal dan digunakan antara lain: Word Wide Web (www), Electronik mail, Mailing List (milis), yahoo.

B.   Rumusan Masalah
1.      Apa itu aplikasi internet?
2.      Apa saja aplikasi internet dan manfaatnya?
3.      Apa kelebihan dan kekurangan dari macam-macam aplikasi internet tersebut?

C.   Tujuan Makalah
1.      Untuk mengetahui apa itu aplikasi internet.
2.      Agar mengetahui apa saja aplikasi internet dan manfaatnya.
3.      Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari aplikasi internet tersebut.

D.   Manfaat Penulisan
Penulisan makalah yang berjudul Aplikasi Internet ini bermanfaat untuk memperluas pengetahuan kita mengenai berbagai macam aplikasi internet. Dan juga lebih menambah pengetahuan kita tentang kekurangan dan kelebihan dari berbagai macam aplikasi internet yang ada dan sering digunakan dalam kehidupan manusia sehari-hari.
                                                  


BAB II
PEMBAHASAN

A.   Pengertian Aplikasi Internet
Apa itu aplikasi internet?
.........
Sebelum kita berselancar didunia maya, maka perlulah ada perantara untuk kita dapat menjelajah di internet. Yaitu menggunakan aplikasi dalam bentuk software. Software untuk akses internet yang paling penting terinstal ialah browser.  Adapun banyak contohdari program browser yang beredar, antara lain Microsoft Internet Ekspoler, Opera, Google Chrome, Mozilla Firefox. Jika kita menggunakan sistem operasi Windows, maka browser Internet Explorer sudah terinstal dalam komputer kita. Namun, apabila kita ingin menggunakan browser lain, seperti Mozilla Firefox, kita harus menginstall sendiri.
B.   Macam- Macam Aplikasi Internet
1.      Mozilla Firefox
Firefox Mozilla Firefox adalah salah satu browser Internet yang dapat didownload dengan gratis.Dengan menggunakan Mozilla Firefox, kita dapat browsing, mencari informasi, mendownload aplikasi-aplikasi baru, dpwnload lagu dan sebagainya. Untuk mendownload Mozilla Firefox, ikuti langkah-langkah berikut ini.
a.       Aktifkan komputer dan jalankan  Internet Explorer
b.      Ketikkan alamat  www.mozilla.com.
c.       Klik tombol Download Firefox-free
Setelah muncul kotak dialog download, klik tombol Save untuk mulai. Tunggulah beberapa saat hingga proses download selesai.
d.      Install program Mozilla Firefox tersebut.
e.       Jika installasi berhasil, maka kalian sudah dapat
menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser.
Biasanya dalam satu komputer terdapat  beberapa browser lain. Yang memiliki kekukarangan dan kelebihan lain
2.      Mailing List
Disebut juga Milis, yaitu aplikasi internet untuk sarana diskusi atau bertukar iformasi dalam satu kelompok mellui e-mail. Setiap email yang dikirim ke alamat Milis, akan terkirim ke seluruh alamat email anggota dalam Milis tersebut. Milis merupakan bentuk lain dari email, sifatnyapun sama dengan e-mail. Fasilitas ini digunakan oleh kelompok, untuk tukar menukar informasi ataupun sarana diskusi sesame anggota kelompok.
Hasil gambar untuk tampilan milis
3.     E-COMMERCE(Perdagangan elektronik)

E-commerce digunakan untuk mendukung kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk,  jasa, dan informasi melalui internet dan extranet. E-commerce umumnya dikelompokkan menjadi dua buah kategori : business-to-business (B2B) dan business-to-consumer (B2C). Pada perkembangan terakhir, muncul jenis hubungan yang disebut business-to-consumer (C2C) dan consumer-to-business (C2B).
Perusahaan : -pelanggan}    B2C
                        -pelanggan
                        -pelanggan
                        -pemasok         B2B
                        -pemasok
                        -pemasok
Jenis E-commerce :
1.      Business –to- Business(B2B)
B2B menyatakan penjualan produk atau jasa yang melibatkan beberapa perusahaan dan dilakukan dengan sistem otomasi. Umumnya, perusahaan-perusahaan yang terlibat adalah pemasok, distributor, pabrik, toko,dll. Kebanyakan transaksi berlangsung secara langsung antara dua sistem.

Model seperti ini telah banyak diterapkan, misalnya yang terjadi antara     Wal-Mart dan para pemasoknya. Contoh B2B adalah situs  Alibaba.com, yang menjadi penghubung manufakturing di china dengan pebisnis lain.
Keuntungan B2B, jika dikerjakan dengan benar, dapat menghemat biaya, meningkatkan pendapatan, mempercepat pengirirman, mengurangi biaya administrasi, dan meningkatkan layanan kepada pelanggan(korper dan Ellis,2002).

2.      Business- to- consumer(B2C)
B2C melibatkan interaksi dan transaksi antara sebuah perusahaan penjual dan para konsumen. Perusahaan-perusahaan terkenal yang melayani B2C antara lain adalah Dell (www.dell.com), cisco(www.cisco.com), dan Amazon(www.amazon.com). Dalam praktiknya, jaringan perusahaan yang hanya bermain B2C secara murni karena biasanya juga menyelenggarakan B2B.
Beberpa contoh situs yang mendukung B2C
Situs
Jenis produk
Barang : buku, musik, video, permainan, barang elektronik.
Barang : komputer dan periferal
Barang : peralatan jaringan
Barang : kesehatan dan kecantikan
Barang : elektronik

3.      Consumer-to-consumer(C2C)
C2C atau terkadang disebut person-to-person(Ebert dan Griffin,2003) menyatakan model perdagangan yang terjadi antara konsumen dengan konsumen melalui internet. Situs seperti eBay(www.ebay.com) dan Tokobagus.com(www.tokobagus.com) adalah contoh situs yang menyediakan sarana yang memungkinkan orang-orang dapat menjual atau membeli barang di antara mereka sendiri.

4.      Consumer-to-Business(C2B)
Beberapa situs telah berinisiasi untuk mendukung bisnis yang berbasiskan konsumen ke pebisnis (consumer-to-business atau C2B). Secara prinsip, di C2B, individual menawarkan produk atau layanan ke perusahan.
Beberapa contoh C2B dapat dilihat di Tabel berikut.

Beberapa contoh situs yang mendukung C2B
Situs
Jenis layanan
Setiap individu dapat mengikuti program afiliasi yang ditawarkan oleh amazon
Setiap individu dapat memberikan pendapat dan akan dibayar oleh perusahaan ini
Setiap orang dapat menjual foto ke perusahaan-perusahaan yang akan membutuhkan
Setiap orang bisa mengirimkan CV-nya untuk direkrut oleh perusahaan yang membutuhkan

Manfaat dari E-Commerce :
1.      Komunikasi antara konsumen dan produsen dapat dilakukan dengan mudah
2.      Semakin mudah untuk melakukan pemasaran dan promosi barang ataupun jasa
3.      E-commerce memiliki kemudahan untuk menjual barang maupun membeli barang
4.      Pembayaran dapat dilakukan melalui transaksi online
5.      Informasi dapat diperoleh dengan mudah
6.      Kita bisa menghemat waktu dan biaya perjalanan

Keuntungan e-commerce :
1.      Biasanya untuk menjual suatu produk membutuhkan tempat(toko dan kantor) yang besar namun untuk e-commerce tidak membutuhkan tempat yang besar.
2.      Produsen dan konsumen dapat melakukan komunikasi dengan mudah secara online dari internet
3.      Tidak membutuhkan biaya banyak untuk melakukan promosi barang atau jasa karena promosi dilakukan dengan internet yang biayanya sangat murah.

Kelemahan  e-commerce :
1.      Berbelanja online di internet memiiki resiko penipuan yang besar  karena antara penjual dan konsumen tidak bertemu secara langsung.
2.      Adanya tindak kejahatan seperti carding, yaitu penyalahgunaan kartu kredit milik orang lain untuk berbelanja online.
3.      Semakin tingginya tingkat kejahatan biasanya dilakukan oleh orang yang ahli dalam komputer dan jaringan komputer.
4.Yahoo
Perlu diketahui bahwa ada yang mengategorikan Yahoo.com sebagai situs search engine tetapi ada pula yang mengategorikan sebagai situs direktori. Perbedaan antara situs search engine dengan situs direktori yaitu jumlah informasi yang tersedia dalam databasenya. Jumlah database situs direktori lebih sedikit daripada jumlah database yang dimiliki situs search engine. Selain itu, informasi atau data yang ada dalam database situs direktori diseleksi dan diindeks oleh manusia. Pada search engine menggunakan program otomatis untuk menyeleksi dan mengindeks data seperti  spider dan crawler. Sedangkan pengelola situs direktori akan memilih dan memeriksa kelayakan sebuah situs atau informasi sebelum diputuskan untuk dapat masuk ke dalam databasenya. Situs direktori juga memasang form search engine untuk mencari informasi di dalam databasenya,berdasarkan dengan keyword yang digunakan.
Untuk memperkuat pencarian, Yahoo menggandeng google. Jika seorang pengguna Yahoo tidak menemukan informasi yang dicarinya dari database direktori yahoo, maka secara otomatis Yahoo akan menampilkan link-link tambahan yang diambil dari database google dengan keterangan "powered by Google”
Kelebihan dari Yahoo :
a.       Salah satu web dengan banyak fasilitas gratis
b.      Termasuk mesin pencari, dengan fitur yang lengkap dibanding mesin pencari lain. Seperti : tau dunia berita didalam dan diluar negeri.
c.       Tampilannya sederhana dan minimalis.
Kekurangan dari Yahoo :
1.      Loading lama / kecepatan akses kadang lama.
2.      Banyaknya penghackeran password dalam fiturnya. (email, yahoo mail)
3.      Permasalahan server, jadi tidak dapat diakses.
4.      Iklan yang ada terlalu banyak, sehingga kecepatan aksesnya menurun.
5.      Software yang ada pada yahoo, dirasa masih kurang dibanding dengan yang lain.
5.E-mail / electronik mail
Surat daya internet yang cukup banyak dimanfatkan oleh para pemakai adalah surat electronik (e-mail). Sesuai dengan namanya, pengirim surat dilakukan secara elektronis, bukan dalam bentuk kertas. Surat electronik menawarkan keunggulannya berupa kecepatan pengiriman suat(umumnya surat sampai ke tujuan hanya dalam waktu beberapa detik).
Transfer e-mail yang cepat menggunakan protokol yang di sebut SMPT (Simple Mail Transfer Protocol). Dalam hal ini, mail server (server yang menangani e-mail) segera menghubungi tujuan dan kemudian mengirimkan surat. Model pengiriman e-mail yang lain adalah simpan-dan- teruskan (store-and-forward). Cara ini di terapkan jika server tujuan tidak terhubung ke internet.
E-mail yang dikirimkan oleh antar invidu atau komputer, saat ini tidak hanya berbentuk tulisan atau teks tetapi e-mail saat ini bisa di lampirkan dalam bentuk grafik,foto dan juga suara. Setiap pengirim atau penerima e-mail memiliki alamat e-mali. Alamat  e-mail berupa semacam rian@hotmail.com
6.WEBSITE
Website  adalah salah satu aplikasi terpenting dalam internet. Webset merupakan kumpulan-kumpulan dari halaman-halaman web yang mengandung informasi. Hubungan antara satu web halaman dengan halaman web lainnya disebut Hyperling sedangkan teks yang media penghubung disebut Hypertext. Informasi yang ditampilkan berbentuk teks, gambar, foto, vidio atau multimedia. Hampir 80 % layanan di internet disediakan oleh website.
Website merupakan penemuan dari metode pemograman web yang disebut HTML ( Hyper Text Markup language) oleh Tim Barners Lee salah satu seorang staff ahli CERN (Conseil Europeen Pour Ia Recherche Nucleaire), pada tahun 1989. Kode-kode yang digunakan dalam HTML disebut Tag. Pada 1994 dibentuklah W3C ( World Wide Consorsium) untuk pengembangan web dan berwenang menetapkan standar yang berlaku.
Worl Wide Web (www) atau web adalah salah sebuah sistem penyebaran informasi melalui internet melalui sebuah software yang biasa disebut browser.

A.    Perkembangan Teknologi Website :
1.      Web 1.0 (Periode 1989 - 2000)
·         Bersifat statis
·         Dibutuhkan pemahaman terhadap bahasa pemrograman web untuk dapat menambah ataupun memperbarui konten.
·         Masih menggunakan kode-kode HTML maka penguna web hanya bisa memdapat informasi browsing dan read saja.
·         Belum ada interaksi antara pemilik website dengan pengunjung.

2.      Web 2.0 (Periode 2001- 2010)
·         Dicetuskan oleh O’Reilly pada tahun 2003 dan diperkenalkan dalam konfensi Web 2.0  pada 2004.
·         Pengunjung tidak hanya membaca informasi dari website saja tetapi juga dapat berkolaborasi dan berbagi konten. Misalnya pada website jejaring, blog, file sharing, photo sharing,dll.
·         Memiliki teknologi seperti ajax atau plug in, maka website layaknya aplikasi di drag & drop, voical chat. Sistem di mana kita dapat mengolah data spreadsheet, presentasi dan aplikasi pengolahan kata layaknya google doc.s.

3.      Web 3.0 ( Periode 2011- sekarang)
·         Teknologi ini sudah diperkenalkan oleh Tim Barness Lee pada 2001, ia menulis artikel ilmiah tentang mengembangkan Web 3.0.
·         Berhubungan dengan Web Semantik, yang memungkinkan isi web tidak hanya berbahasa pengguna saja, jadi agen-agen software bisa mengakses.
·         Menerapkan konsep di mana pencari seperti berkomunikasi dengan mesin pencari.
·         Pengguna dapat medapat data spesifik tanpa harus mencari satu persatu, dan dapat menyediakan keterangan-keterangan yang relevan tentang informasi yang kita cari.

B.     Istilah-istilah Dalam WEBSITE.
Ø  www adalah metode untuk menampilkan informasi di internet yang dapat diakses melalui sebuah browser.
Ø  Halaman Web (Web Page) adalah sekelompok informasi yang tampil pada browser, informasi tersebut ditampilkan berdasar sebuah URL (Uniform Resource Lacator)
Ø  URL adalah alamat lenkap dari sebuah informasi yang dapat diakses melalui browser, contoh http;//www.ephi.web.id/image/apshi.jpg
§  http adalah protocol untuk layanan hypertext
§  www melambangkan layanan web
§  ephi.web.id adalah nama domain
§  image adalah nama folder
§  apshi.jpg adalah nama file
Ø  Situs Web (Website) adalah kumpulan dari keseluruhan halaman web yang terdapat pada sebuah domain/ yang terdiri dari dua atau lebih halaman web.


C.    Manfaat WEBSITE
·        Media untuk memperkenalkan diri atau mempromosikan institusi/lembaga , tettunya dengan menyediakan informasi yang akurat dan jelas pada website
·        Media untuk berkomunikasi
·        Media untuk berbagi informasi
·        Media untuk belajar dan mengajar
·        Media untuk berbisnis


7.Iklan Online
Iklan Online adalah Iklan yang dipromosikan melalui jaringan Internet, sedankan toko online adalah arana tempat berbelanja jual beli yang didalamnya berisi iklan yang menawarkan produk dan jasa. Situs website salah satu tempat yang dijadikan sebagai toko online.
Berikut ini ada 12 jenis iklan online:
1.      Direct Advertising
Di mana pemasang iklan dan pemilik media berhubungan langsung dan menandatangani kontrak untuk menampilkan iklan atau inisiatif promosi lainnya.
Analisa:
Media yang sering jadikan iklan jenis Direct Adv adalah di blog. Untuk pemasangan iklan tidak sembarangan, tidak semua yang punya blog hanya blog yang menyediakan layanan iklan dengan terafik rank cukup tinggi, artinya blog tersebut bisa dipercaya penyedia jasa iklan dan cukup populer atau sering banyak dilihat pengunjung. Format iklan jenis Direct Adv ini biasanya iklan teks dan iklan gambar / banner. Adapun kontrak antara pemasang iklan dan pemilik media, orang yang akan memasang iklan tinggal menyepakati sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan si pemilik media (blog).
·         Kelebihan
Kelebihan dari jenis iklan direct advertorial ini cukup praktis hanya dengan memajang iklan sesuai yang kita inginkan atau bisa menyesuaikan pada target konsumen agar lebih efektif seperti menempatkan iklan jual kaos football pada situs/blog komunitas pecinta bola dan jika kita memasang iklan dalam situs web atau blog penyedia jasa iklan yang trafiknya tinggi atau selalu banyak pengunjungnya, kemungkinan besar iklan kita juga banyak pengunjunga yang melihatnya.
·         Kekurangannya
Sedangkan kekurangannya ada pada ukuran iklan gambar/banner yang akan di tampilkan sesuai dengan kontrak harga, jika ukuran banner kita kecil dari iklan banner orang lain kemungkinan iklan banner kita tidak dilirik, untuk menampilkan iklan banner dengan ukuran besar membutuhkan biaya cukup besar juga.
Contoh Direct Advertising
direct adv
2.      Self-service Advertising
Pendekatan iklan baru di mana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di Online. Contoh: Blogads dan Google AdWords
Analisa
Biasanya jenis iklan ini kita bisa lihat di berbagai situs penyedia layanan iklan. Salah satu situs terbesar seperti situs mesin pencari yaitu Google dan pempunyai program layanan iklan yaitu Google AdWord. Layanan iklan yang ditawarkan bisa berupa bentuk teks, gambar maupun video. Secara umum iklan jenis ini bisa kita lihat ketika kita mengetikan kalimat pada mesin pencarian Google, itu bisa langsung muncul iklannya ada di barisan sebelah kanan sesuai keyword yang kita ketik tadi.
·         Kelebihan
Dalam memasaang iklan kita bisa lebih leluasa mengatur sesuai keinginan baik isi kontennya maupun posisi tataletak, semua diatur oleh si pemasang iklan sendiri. Membayar iklan hanya ketika ada konsumen yang mengklik iklan kita, lain halnya seperti iklan tayang di Televisi harus bayar per detik padahal semua orang belum tentu melihatnya.
·         Kekurangan
Pada kendala pembuat iklan, dibutuhkan keahlian khusus sesuai program situs penyedia iklan tersebut karena untuk menggunakan fasilitas iklan kitalah sebagai pemilik iklan yang mengelolanya dan juga dibuthkan kreatifitas pada konten maupun penempatan agar menarik perhatian konsumen. Jenis iklan ini kurang efektif karena tidak mentargetkan pada konsumen secara khusus sehingga dibutuhkan kalimat pengetikan yang tepat sebagai kata kunci pada mesin pencari google karena secara umum akan muncul banyak para pesaing yang lain juga yang menawarkan iklan yang sama.
Contoh Self-service Advertising

3.      Ad Networks
Sebuah jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin. Contoh: ValueClickMedia dan Tribal Fusion.
·         Kelebihan
Kelebihan memasang iklan yang berasal dari ad network atau jaringan iklan online adalah Anda bisa fokus menulis artikel yang berkualitas tanpa harus bersusah payah mencari orang yang mau memasang iklan di blog Anda. Kalau traffic blog Anda masih rendah tentu saja tidak ada orang yang mau memasang iklan di blog Anda. Dengan bergabung di jaringan iklan, Anda memiliki peluang untuk mendapatkan uang dari iklan. Namun tentu saja, Anda tetap harus memiliki traffic blog yang tinggi agar pendapatan iklan Anda semakin tinggi.
·         Kekurangan

Memasang iklan dari ad network atau jaringan iklan tentu juga memiliki kekurangan, yaitu jaringan iklan memiliki peraturan dalam pemasangan iklan yang harus Anda ikuti. Hal ini tentu saja mengurangi kebebasan Anda dalam memasang iklan. Anda juga tidak bisa menentukan iklan-iklan apa saja yang mau Anda tampilkan di blog atau website Anda.
Contoh Ad Networks
ad network
4.       Contextual Advertising
Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut. Contoh: Google AdSense dan Yahoo Publisher Network.
Analisis
Iklan jenis ini hanya ditampilkan pada pengunjung yang benar-benar tertarik dengan produk atau jasa yang di iklankan, jadi hasil promosi anda lebih terarah sesuai target yang dikehendaki. Maksudnya iklan kita akan di respon hanya pengunjung yang tertarik saja, sehingga penempatan iklan juga harus di publish yang strategis seperti pada situs web dengan trafik rank cukup tinggi.sistem pembayaran yaitu apabila ada pengunjung yang meng-klik iklan kita.
Kelebihan
Kelebihan yang dimiliki oleh iklan ini posisi iklan sudah otomatis dipilih oleh sistem yang tepat sesuai produk yang dipromosikan, sehingga pengguna internet atau konsumen yang akan bergabung akan lebih banyak melihat iklan tersebut.  Pembayaran iklan murah karena diambil hitungan per klik dai para pengunjung. Contoh pembayaran misalkan per klik harganya Rp.500 Jika kita hanya mempunyai dana untuk Iklan sebesar Rp. 100.000 saja, maka Iklan kita sudah dapat 200 kali klik oleh para pengunjung. Cukup lumayan murah dan efisien.
Kekurangan
Karena dipilih secara otomatis oleh sistem, sehingga pasar konsumen tidak bisa ditentukan oleh pemasang iklan. Dalam bentuk ini, Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut.
Contoh Contextual Advertising

contextual-adv
5.       Twitter Advertising
Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih. Contoh: Magpie dan Twittad


Analisa
Jenis Iklan ini yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek seperti sebuah link untuk di klik dan dikunjungi pada situs yang disarankan, dan juga seperti rangkaian kalimat promosi hanya bagian penting saja seperti nama produk, sample produk dalam bentuk gambar, harga, alamat toko dan nomor kontak yang bisa dihubungi langsung kepada pemilik iklan tersebut.
Kelebihan
kelebihan dari iklan ini memungkinkan produk/jasa yang dipromosikan atau diiklankan akan banyak dikunjungi oleh konsumen yang akan bergabung, melihat banyaknya pengguna twitter sehingga sangat meyakinkan akan banyak pengguna dan lebih banyak mendapatkan calon konsumen.
Kekurangan
kekuranganya iklan ini banyak orang yang tidak tahu karena iklan yang muncul bentuknya kecil sehingga sedikit orang yang tahu. Dalam hitungan menit tweets iklan kita akan bergeser kebawah hingga tidak akan terlihat karena banyak tweets baru yang muncul. Kekurangan jenis iklan ini juga dibatasi oleh karakter dan huruf dalam penulisannya karena twitter membatasi 140 karakter, sehingga dibutuhkan kalimat pendek yang unik dan yang dianggap paling penting saja.
Contoh Twitter Advertising

twiter adv


6.         In-Text Advertising
Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan. Contoh: Kontera dan Vibrant in-Text AdSistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan.
Kelebihan:
Link situs promosi dapat dilihat oleh semua pengguna.
Kekurangan:
sasaran pasar tidak bisa diprediksi oleh perusahaan pemasang iklan
Contoh In-Text Adv

in text adv
7.        Ad Network Optimization
Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya. Contoh: PubMatic dan YieldBuild


Kelebihan:
Persaingan dalam mempromosikan iklan lebih mudah jika visual dari iklan baik. Dan mendapat efek positif terhadap persaingan iklan.
Kekurangan:
Perusahaan kecil tidak dapat menggunakan bentuk iklan ini, dan tidak semua level produk yang diiklankan dapat menggunakan bentuk iklan ini.
Contoh Ad Network Optimization
ad-network-optimization
8.       Rep Ad Agencies
Agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brand besar ataupun agensi iklan besar. Contoh: Federated Media dan Tribal Fusion
Kelebihan:
kelebihan iklan ini dapat Memudahkan perusahan dalam mempromosikan produk/jasa mereka dan dapat di prediksi terlebih dahulu. Karena pihak agensi ikut serta membantu strategi pemasaran.
Kekurangan:
Besarnya biaya pengeluaran iklan, karena iklan dipromosikan melalui beberapa pihak penyedia ruang iklan dan perantara.
Contoh Rep Ad Agencies


9.         Social Advertising
Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman. Contoh: VideoEgg dan Meebo. Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman.
Kelebihan
promosi lebih banyak melalui bentuk iklan ini karena digunakan di media sosial yang banyak digunakan pengguna internet, sehingga memudahkan promosi dan tidak memerlukan biaya yang besar.
Kekurangan
Harus mempunyai website untuk memasang iklan atau blog lain agar memudahkan proses promosi.

Contoh Social Adv
social adv
10.   Video Advertising
Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya content video tertentu. Contoh: Voxant dan AdSense for Video.
Kelebihan dari iklan ini iklannya lebih menarik untuk dilihat oleh pengguna internet karena isinya berbentuk audio visual dan gerakan-gerakan.
Kekurangannya tidak banyak orang yang melihat iklan tersebut karena pengguan internet lebih fokus melihat video.
Contoh Video adv

11.      RSS Advertising
Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu. Contoh: Pheedo dan Feedvertising
Kelebihan:Dapat menyesuaikan  penempatan iklan melalui klasifikasi kebutuhan yang sudah ditentukan.
Kekurangan: Tidak banyak dilihat oleh semua pengguna internet.
Contoh RSS adv

12.    Sponsorship
Bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk/layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner. Adanya jenis iklan sponsor ini bisa dilihat peluang dari pengelola situs web atau blog yang mempunyai trafik rank tinggi sehingga sangat diminati oleh para pembisnis yaitu orang yang ingin mempromosikan iklan produknya di situs tersebut karena melihat banyak pengungjung yang dating ke situs tersebut. Orang yang mengiklankan disebut sponsor yang mendonasikan uangnya kepada orang yang mempunyai situs website tadi.
Kelebiahannya sasaran pasarnya lebih banyak dan Lebih efektif, cara yang merupakan tidak terlalu berat dan efisiensi dari waktu.
Kekurangan: biayanya lebih cukup besar, pengerjaan iklan dibutuhkan kreatifitas agar mampu menarik perhatian para pengunjung.
Conntoh Sponsorship

Alasan Mengapa Anda Harus Pasang Iklan di Internet, merupakan bagian dari Search Engine Marketing salah satu yang sangat terkenal dengan iklan PPC Google AdWords.
1.    Lebih Tertaget
Dengan beriklan di internet maka anda bisa mengetahui dengan sangat detail tentang calon konsumen sesua dengan profile dan target demografi yang diinginkan. Selain itu Anda juga bisa memilih agar iklan muncul untuk siapa dan berapa lama kemunculannya. Juga kemudahan untuk bisa memilih orang-orang yang melihat iklan Anda, apakah pria atau wanita, apa saja kegemarannya, berapa umurnya, kebiasaannya dalam berbelanja online, topik apa yang suka dia baca, lokasinya dimana, dan masih banyak lagi. Dengan kemampuan seperti itu maka secara otomatis Anda juga akan sangat mudah mentargetkan iklan agar lebih efektif. Tentu saja dengan menguasai dengan baik cara pasang iklan di internet secara efektif maka akan mendongkrak penjualan produk Anda.
2.    Lebih Fleksibel
Beriklan di internet  juga memberikan Anda kekuasaan penuh terhadap iklan yang Anda pasang. Katakanlah ternyata iklan tersebut salah maka Anda bisa menghentikan iklan tersebut kapan pun yang Anda mau. Anda bisa mengubah dan memperbaikinya agar sesuai keinginan. Dengan cara seperti ini Anda bisa mengantisipasi agar tidak menghambur-hamburkan uang secara sia-sia.
3.    Lebih Murah
Tahukah Anda berapa biaya memasang iklan di media televisi? Biayanya yaitu 5 juta untuk 30 detik dan ini adalah yang paling murah. Sungguh angka yang sangat fantastis bukan? Namun lain halnya dengan biaya iklan di internet yang sangat terjangkau, katakanlah dengan uang Rp 100 ribu saja Anda bisa memasang iklan di Facebook. Selain itu Anda juga bisa menyesuaikan jenis iklan apa yang muncul dan berapa lama kemunculannya. Semua hal tersebut bisa Anda atur sendiri. Semakin besar alokasi biaya iklan tentu iklan digital tersebut akan terekspose lebih luas dan lebih lama.
4.    Langit Adalah Batas Kreatifitas
 Konten-konten yang disajikan dengan beriklan di internet bisa sangat beragam. Konten tersebut Bisa berupa flash banner, text link, video ads, program affiliasi dan masih banyak lagi. Pekerjakan saja seorang desainer banner profesional maka Anda bisa membuat produk Anda menjadi jauh lebih menarik. Atau jika Anda punya dana lebih Anda bisa membuat iklan video berdurasi pendek lalu mempromosikan di sosial media. Dengan cara ini Anda bisa menekan biaya pemasaran seefektif mungkin sekaligus meningkatkan brand awarness kepada masyarakat.
5.    Bisa Anda Lakukan Sendiri
Inilah salah satu kelebihan terbaik dari iklan di internet yaitu semua bisa Anda lakukan sendiri. Anda juga bisa membuat sendiri konten yang ingin dipasang nanti. Katakanlah Anda ingin memasang iklan AdWords atau Google Display Network di Google, Facebook Ads, Yahoo, Twitter Ads, YouTube dan Anda tidak tahu caranya, Anda bisa mencari sendiri informasi di internet tentang cara memasang iklan di Facebook. Gunakan Google untuk mencari informasi yang tepat tentang cara memasang iklan di internet, cara membuat banner iklan yang menarik atau cara membuat tagline iklan. Mudah bukan? Setelah Anda membaca artikel tentang membaca 5 Alasan Mengapa Anda Harus Memasang Iklan Di Internet di atas maka segeralah take action. Atur strategi pemasaran sebaik mungkin dan pastikan produk Anda bisa bersaing untuk meningkatkan jumlah konsumen Anda. Bila iklan yang diinginkan ingin dikelola oleh profesional, agar tepat sasaran hubungi silahkan diskusikan dengan ahlinya, penyedia jasa digital marketing, mereka memiliki trick jitu agar iklan lebih efektif dan tepat sasarn.




DAFTAR PUSTAKA
1.      Abdul Kadir, 2014, Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi, Jogjakarta : Andi
2.      M. Kom,. S.Kom, Yuhefiza, 2013, Cara Mudah dan Murah Membangun dan Mengelola Website, Yogyakarta : PT. Graha Ilmu.
3.      Armada, Dwi Arif. Mashadi, 2010, Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP /MTs Kelas IX, Jakarta : Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional.


No comments:

Post a Comment