BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Saat ini perkembangan internet di penjuru dunia berkembang sangat
pesat. Internet sendiri berawal dari terciptanya jaringan computer pada tahun
1960. Jaringan computer merupakan sekumpulan computer-komputer yang terhubung
satu sama lain dengan menggunakan kabel dalam satu ruangan yang sama. Sedangkan
internet dapat menghubungkan computer-komputer yang ada di seluruh dunia.
Pada masa ini internet banyak dimanfaatkan oleh setiap orang. Internet sangat menarik bagi setiap orang
karena dengan internet setiap orang dapat berkomunikasi walaupun dengan jarak
yang jauh. Tetapi, internet sebenarnya hanya istilah yang digunakan untuk
menyebut sebuah jaringan, bukan untuk sebuah aplikasi tertentu. Jadi, internet
tidak memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya suatu aplikasi tertentu. Untuk itu
internet menyediakan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk keperluan
yang disebut dengan aplikasi internet. Aplikasi internet inilah yang sering
digunakan oleh setiap orang. Aplikasi Internet yang tersedia saat ini sudah
banyak dan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi infomasi.
Aplikasi-aplikasi internet ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang seperti
bidang akademis, medis, media massa, dan berbagai bidang lainnya. Dari sekian
banyak aplikasi internet yang ada, yang banyak dikenal dan digunakan antara
lain: Word Wide Web (www), Electronik mail, Mailing List (milis), yahoo.
B. Rumusan
Masalah
1. Apa itu aplikasi internet?
2. Apa saja aplikasi internet dan manfaatnya?
3. Apa kelebihan dan kekurangan dari macam-macam aplikasi
internet tersebut?
C. Tujuan
Makalah
1. Untuk mengetahui apa itu aplikasi internet.
2. Agar mengetahui apa saja aplikasi internet dan
manfaatnya.
3. Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari
aplikasi internet tersebut.
D. Manfaat Penulisan
Penulisan makalah yang berjudul Aplikasi Internet ini
bermanfaat untuk memperluas pengetahuan kita mengenai berbagai macam aplikasi
internet. Dan juga lebih menambah pengetahuan kita tentang kekurangan dan
kelebihan dari berbagai macam aplikasi internet yang ada dan sering digunakan
dalam kehidupan manusia sehari-hari.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Aplikasi Internet
Apa itu aplikasi internet?
.........
Sebelum kita berselancar didunia maya, maka perlulah ada perantara untuk
kita dapat menjelajah di internet. Yaitu menggunakan aplikasi dalam bentuk
software. Software untuk akses internet yang paling penting terinstal ialah
browser. Adapun banyak contohdari
program browser yang beredar, antara lain Microsoft Internet Ekspoler, Opera,
Google Chrome, Mozilla Firefox. Jika kita menggunakan sistem operasi Windows, maka
browser Internet Explorer sudah terinstal dalam komputer kita. Namun, apabila
kita ingin menggunakan browser lain, seperti Mozilla
Firefox, kita harus menginstall sendiri.
B.
Macam- Macam
Aplikasi Internet
1.
Mozilla Firefox
Firefox Mozilla Firefox adalah
salah satu browser Internet yang dapat didownload dengan gratis.Dengan
menggunakan Mozilla Firefox, kita dapat browsing, mencari informasi,
mendownload aplikasi-aplikasi baru, dpwnload lagu dan sebagainya. Untuk
mendownload Mozilla Firefox, ikuti langkah-langkah berikut ini.
a.
Aktifkan komputer dan
jalankan Internet Explorer
c.
Klik tombol Download Firefox-free
Setelah muncul kotak dialog download, klik tombol Save untuk mulai.
Tunggulah beberapa saat hingga proses download selesai.
d.
Install program Mozilla Firefox
tersebut.
e.
Jika installasi berhasil, maka
kalian sudah dapat
menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser.
Biasanya dalam satu komputer terdapat
beberapa browser lain. Yang memiliki kekukarangan dan kelebihan lain
2. Mailing List
Disebut juga Milis, yaitu aplikasi internet untuk
sarana diskusi atau bertukar iformasi dalam satu kelompok mellui e-mail. Setiap
email yang dikirim ke alamat Milis, akan terkirim ke seluruh alamat email
anggota dalam Milis tersebut. Milis merupakan bentuk lain dari email,
sifatnyapun sama dengan e-mail. Fasilitas ini digunakan oleh kelompok, untuk
tukar menukar informasi ataupun sarana diskusi sesame anggota kelompok.
3. E-COMMERCE(Perdagangan
elektronik)
E-commerce digunakan untuk
mendukung kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa, dan informasi melalui internet dan
extranet. E-commerce umumnya dikelompokkan menjadi dua buah kategori : business-to-business (B2B) dan business-to-consumer (B2C). Pada
perkembangan terakhir, muncul jenis hubungan yang disebut business-to-consumer (C2C) dan consumer-to-business
(C2B).
Perusahaan : -pelanggan} B2C
-pelanggan
-pelanggan
-pemasok B2B
-pemasok
-pemasok
Jenis E-commerce :
1. Business
–to- Business(B2B)
B2B menyatakan
penjualan produk atau jasa yang melibatkan beberapa perusahaan dan dilakukan
dengan sistem otomasi. Umumnya, perusahaan-perusahaan yang terlibat adalah
pemasok, distributor, pabrik, toko,dll. Kebanyakan transaksi berlangsung secara
langsung antara dua sistem.
Model seperti
ini telah banyak diterapkan, misalnya yang terjadi antara Wal-Mart dan para pemasoknya. Contoh B2B
adalah situs Alibaba.com, yang menjadi
penghubung manufakturing di china dengan pebisnis lain.
Keuntungan B2B,
jika dikerjakan dengan benar, dapat menghemat biaya, meningkatkan pendapatan,
mempercepat pengirirman, mengurangi biaya administrasi, dan meningkatkan
layanan kepada pelanggan(korper dan Ellis,2002).
2. Business-
to- consumer(B2C)
B2C melibatkan
interaksi dan transaksi antara sebuah perusahaan penjual dan para konsumen.
Perusahaan-perusahaan terkenal yang melayani B2C antara lain adalah Dell (www.dell.com),
cisco(www.cisco.com),
dan Amazon(www.amazon.com).
Dalam praktiknya, jaringan perusahaan yang hanya bermain B2C secara murni
karena biasanya juga menyelenggarakan B2B.
Beberpa contoh
situs yang mendukung B2C
Situs
|
Jenis produk
|
Barang : buku, musik, video, permainan, barang elektronik.
|
|
Barang : komputer dan periferal
|
|
Barang : peralatan jaringan
|
|
Barang : kesehatan dan kecantikan
|
|
Barang : elektronik
|
3. Consumer-to-consumer(C2C)
C2C atau
terkadang disebut person-to-person(Ebert
dan Griffin,2003) menyatakan model
perdagangan yang terjadi antara konsumen dengan konsumen melalui internet.
Situs seperti eBay(www.ebay.com)
dan Tokobagus.com(www.tokobagus.com)
adalah contoh situs yang menyediakan sarana yang memungkinkan orang-orang dapat
menjual atau membeli barang di antara mereka sendiri.
4. Consumer-to-Business(C2B)
Beberapa situs
telah berinisiasi untuk mendukung bisnis yang berbasiskan konsumen ke pebisnis
(consumer-to-business atau C2B). Secara prinsip, di C2B, individual menawarkan
produk atau layanan ke perusahan.
Beberapa contoh
C2B dapat dilihat di Tabel berikut.
Beberapa contoh
situs yang mendukung C2B
Situs
|
Jenis
layanan
|
Setiap individu dapat mengikuti program afiliasi yang
ditawarkan oleh amazon
|
|
Setiap individu dapat memberikan pendapat dan akan
dibayar oleh perusahaan ini
|
|
Setiap orang dapat menjual foto ke
perusahaan-perusahaan yang akan membutuhkan
|
|
Setiap orang bisa mengirimkan CV-nya untuk direkrut
oleh perusahaan yang membutuhkan
|
Manfaat dari E-Commerce :
1. Komunikasi
antara konsumen dan produsen dapat dilakukan dengan mudah
2. Semakin
mudah untuk melakukan pemasaran dan promosi barang ataupun jasa
3. E-commerce
memiliki kemudahan untuk menjual barang maupun membeli barang
4. Pembayaran
dapat dilakukan melalui transaksi online
5. Informasi
dapat diperoleh dengan mudah
6. Kita
bisa menghemat waktu dan biaya perjalanan
Keuntungan
e-commerce :
1. Biasanya
untuk menjual suatu produk membutuhkan tempat(toko dan kantor) yang besar namun
untuk e-commerce tidak membutuhkan tempat yang besar.
2. Produsen
dan konsumen dapat melakukan komunikasi dengan mudah secara online dari
internet
3. Tidak
membutuhkan biaya banyak untuk melakukan promosi barang atau jasa karena
promosi dilakukan dengan internet yang biayanya sangat murah.
Kelemahan e-commerce :
1. Berbelanja
online di internet memiiki resiko penipuan yang besar karena antara penjual dan konsumen tidak
bertemu secara langsung.
2. Adanya
tindak kejahatan seperti carding, yaitu penyalahgunaan kartu kredit milik orang
lain untuk berbelanja online.
3.
Semakin tingginya
tingkat kejahatan biasanya dilakukan oleh orang yang ahli dalam komputer dan
jaringan komputer.
4.Yahoo
Perlu diketahui bahwa ada yang
mengategorikan Yahoo.com sebagai situs search engine tetapi ada pula yang mengategorikan
sebagai situs direktori. Perbedaan antara situs search engine dengan situs
direktori yaitu jumlah informasi yang tersedia dalam databasenya. Jumlah
database situs direktori lebih sedikit daripada jumlah database yang dimiliki
situs search engine. Selain itu, informasi atau data yang ada dalam database situs
direktori diseleksi dan diindeks oleh manusia. Pada search engine menggunakan
program otomatis untuk menyeleksi dan mengindeks data seperti spider dan crawler. Sedangkan pengelola situs
direktori akan memilih dan memeriksa kelayakan sebuah situs atau informasi sebelum
diputuskan untuk dapat masuk ke dalam databasenya. Situs direktori juga
memasang form search engine untuk mencari informasi di dalam
databasenya,berdasarkan dengan keyword yang digunakan.
Untuk memperkuat pencarian, Yahoo
menggandeng google. Jika seorang pengguna Yahoo tidak menemukan informasi yang
dicarinya dari database direktori yahoo, maka secara otomatis Yahoo akan
menampilkan link-link tambahan yang diambil dari database google dengan keterangan
"powered by Google”
Kelebihan dari Yahoo :
a.
Salah satu web
dengan banyak fasilitas gratis
b.
Termasuk mesin
pencari, dengan fitur yang lengkap dibanding mesin pencari lain. Seperti : tau
dunia berita didalam dan diluar negeri.
c.
Tampilannya
sederhana dan minimalis.
Kekurangan dari Yahoo :
1.
Loading lama /
kecepatan akses kadang lama.
2.
Banyaknya
penghackeran password dalam fiturnya. (email, yahoo mail)
3.
Permasalahan server,
jadi tidak dapat diakses.
4.
Iklan yang ada
terlalu banyak, sehingga kecepatan aksesnya menurun.
5.
Software yang ada
pada yahoo, dirasa masih kurang dibanding dengan yang lain.
5.E-mail
/ electronik mail
Surat
daya internet yang cukup banyak dimanfatkan oleh para pemakai adalah surat
electronik (e-mail). Sesuai dengan namanya, pengirim surat dilakukan secara
elektronis, bukan dalam bentuk kertas. Surat electronik menawarkan
keunggulannya berupa kecepatan pengiriman suat(umumnya surat sampai ke tujuan hanya
dalam waktu beberapa detik).
Transfer
e-mail yang cepat menggunakan protokol yang di sebut SMPT (Simple Mail Transfer
Protocol). Dalam hal ini, mail server (server yang menangani e-mail) segera
menghubungi tujuan dan kemudian mengirimkan surat. Model pengiriman e-mail yang
lain adalah simpan-dan- teruskan (store-and-forward). Cara ini di terapkan jika
server tujuan tidak terhubung ke internet.
E-mail
yang dikirimkan oleh antar invidu atau komputer, saat ini tidak hanya berbentuk
tulisan atau teks tetapi e-mail saat ini bisa di lampirkan dalam bentuk
grafik,foto dan juga suara. Setiap pengirim atau penerima e-mail memiliki
alamat e-mali. Alamat e-mail berupa
semacam rian@hotmail.com
6.WEBSITE
Website adalah salah satu aplikasi terpenting dalam
internet. Webset merupakan
kumpulan-kumpulan dari halaman-halaman web yang mengandung informasi. Hubungan
antara satu web halaman dengan halaman web lainnya disebut Hyperling sedangkan teks yang media penghubung disebut Hypertext. Informasi yang ditampilkan
berbentuk teks, gambar, foto, vidio atau multimedia. Hampir 80 % layanan di
internet disediakan oleh website.
Website merupakan
penemuan dari metode pemograman web yang disebut HTML ( Hyper Text Markup
language) oleh Tim Barners Lee salah satu seorang staff ahli CERN (Conseil
Europeen Pour Ia Recherche Nucleaire), pada tahun 1989. Kode-kode yang
digunakan dalam HTML disebut Tag. Pada 1994 dibentuklah W3C ( World Wide
Consorsium) untuk pengembangan web dan berwenang menetapkan standar yang
berlaku.
Worl Wide Web
(www) atau web adalah salah sebuah sistem penyebaran informasi melalui internet
melalui sebuah software yang biasa
disebut browser.
A.
Perkembangan
Teknologi Website :
1. Web
1.0 (Periode 1989 - 2000)
·
Bersifat statis
·
Dibutuhkan pemahaman
terhadap bahasa pemrograman web untuk dapat menambah ataupun memperbarui
konten.
·
Masih menggunakan
kode-kode HTML maka penguna web hanya bisa memdapat informasi browsing dan read saja.
·
Belum ada interaksi
antara pemilik website dengan
pengunjung.
2. Web
2.0 (Periode 2001- 2010)
·
Dicetuskan oleh
O’Reilly pada tahun 2003 dan diperkenalkan dalam konfensi Web 2.0 pada 2004.
·
Pengunjung tidak hanya
membaca informasi dari website saja
tetapi juga dapat berkolaborasi dan berbagi konten. Misalnya pada website jejaring, blog, file sharing,
photo sharing,dll.
·
Memiliki teknologi
seperti ajax atau plug in, maka website layaknya aplikasi
di drag & drop, voical chat.
Sistem di mana kita dapat mengolah data spreadsheet,
presentasi dan aplikasi pengolahan kata layaknya google doc.s.
3. Web
3.0 ( Periode 2011- sekarang)
·
Teknologi ini sudah
diperkenalkan oleh Tim Barness Lee pada 2001, ia menulis artikel ilmiah tentang
mengembangkan Web 3.0.
·
Berhubungan dengan Web
Semantik, yang memungkinkan isi web tidak hanya berbahasa pengguna saja, jadi
agen-agen software bisa mengakses.
·
Menerapkan konsep di
mana pencari seperti berkomunikasi dengan mesin pencari.
·
Pengguna dapat medapat
data spesifik tanpa harus mencari satu persatu, dan dapat menyediakan
keterangan-keterangan yang relevan tentang informasi yang kita cari.
B.
Istilah-istilah
Dalam WEBSITE.
Ø www adalah
metode untuk menampilkan informasi di internet yang dapat diakses melalui
sebuah browser.
Ø Halaman Web (Web Page)
adalah sekelompok informasi yang tampil pada browser, informasi tersebut
ditampilkan berdasar sebuah URL (Uniform Resource Lacator)
Ø URL adalah
alamat lenkap dari sebuah informasi yang dapat diakses melalui browser, contoh
http;//www.ephi.web.id/image/apshi.jpg
§ http adalah
protocol untuk layanan hypertext
§ www
melambangkan layanan web
§ ephi.web.id
adalah nama domain
§ image
adalah nama folder
§ apshi.jpg
adalah nama file
Ø Situs Web (Website) adalah
kumpulan dari keseluruhan halaman web yang terdapat pada sebuah domain/ yang
terdiri dari dua atau lebih halaman web.
C.
Manfaat
WEBSITE
·
Media untuk
memperkenalkan diri atau mempromosikan institusi/lembaga , tettunya dengan
menyediakan informasi yang akurat dan jelas pada website
·
Media untuk
berkomunikasi
·
Media untuk berbagi
informasi
·
Media untuk belajar dan
mengajar
·
Media untuk berbisnis
7.Iklan Online
Iklan Online
adalah Iklan yang dipromosikan melalui jaringan Internet, sedankan toko online
adalah arana tempat berbelanja jual beli yang didalamnya berisi iklan yang
menawarkan produk dan jasa. Situs website salah satu tempat yang dijadikan
sebagai toko online.
Berikut
ini ada 12 jenis iklan online:
1. Direct
Advertising
Di
mana pemasang iklan dan pemilik media berhubungan langsung dan menandatangani
kontrak untuk menampilkan iklan atau inisiatif promosi lainnya.
Analisa:
Media
yang sering jadikan iklan jenis Direct Adv adalah di blog. Untuk pemasangan
iklan tidak sembarangan, tidak semua yang punya blog hanya blog yang
menyediakan layanan iklan dengan terafik rank cukup tinggi, artinya blog
tersebut bisa dipercaya penyedia jasa iklan dan cukup populer atau sering
banyak dilihat pengunjung. Format
iklan jenis Direct Adv ini biasanya iklan teks dan iklan gambar / banner. Adapun
kontrak antara pemasang iklan dan pemilik media, orang yang akan memasang iklan
tinggal menyepakati sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan si pemilik media
(blog).
·
Kelebihan
Kelebihan
dari jenis iklan direct advertorial ini cukup praktis hanya dengan memajang
iklan sesuai yang kita inginkan atau bisa menyesuaikan pada target konsumen
agar lebih efektif seperti menempatkan iklan jual kaos football pada situs/blog
komunitas pecinta bola dan jika kita memasang iklan dalam situs web atau blog
penyedia jasa iklan yang trafiknya tinggi atau selalu banyak pengunjungnya,
kemungkinan besar iklan kita juga banyak pengunjunga yang melihatnya.
·
Kekurangannya
Sedangkan
kekurangannya ada pada ukuran iklan gambar/banner yang akan di tampilkan sesuai
dengan kontrak harga, jika ukuran banner kita kecil dari iklan banner orang
lain kemungkinan iklan banner kita tidak dilirik, untuk menampilkan iklan
banner dengan ukuran besar membutuhkan biaya cukup besar juga.
Contoh
Direct Advertising
direct
adv
2. Self-service
Advertising
Pendekatan iklan baru di mana materi
iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang
iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di Online. Contoh: Blogads
dan Google AdWords
Analisa
Biasanya jenis
iklan ini kita bisa lihat di berbagai situs penyedia layanan iklan. Salah satu
situs terbesar seperti situs mesin pencari yaitu Google dan pempunyai program
layanan iklan yaitu Google AdWord. Layanan iklan yang ditawarkan bisa berupa
bentuk teks, gambar maupun video. Secara umum iklan jenis ini bisa kita lihat
ketika kita mengetikan kalimat pada mesin pencarian Google, itu bisa langsung
muncul iklannya ada di barisan sebelah kanan sesuai keyword yang kita ketik
tadi.
·
Kelebihan
Dalam
memasaang iklan kita bisa lebih leluasa mengatur sesuai keinginan baik isi
kontennya maupun posisi tataletak, semua diatur oleh si pemasang iklan sendiri.
Membayar iklan hanya ketika ada konsumen yang mengklik iklan kita, lain halnya
seperti iklan tayang di Televisi harus bayar per detik padahal semua orang
belum tentu melihatnya.
·
Kekurangan
Pada
kendala pembuat iklan, dibutuhkan keahlian khusus sesuai program situs penyedia
iklan tersebut karena untuk menggunakan fasilitas iklan kitalah sebagai pemilik
iklan yang mengelolanya dan juga dibuthkan kreatifitas pada konten maupun
penempatan agar menarik perhatian konsumen. Jenis iklan ini kurang efektif
karena tidak mentargetkan pada konsumen secara khusus sehingga dibutuhkan
kalimat pengetikan yang tepat sebagai kata kunci pada mesin pencari google
karena secara umum akan muncul banyak para pesaing yang lain juga yang
menawarkan iklan yang sama.
Contoh
Self-service Advertising
3. Ad
Networks
Sebuah
jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan
dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan
kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar
sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin. Contoh:
ValueClickMedia dan Tribal Fusion.
·
Kelebihan
Kelebihan memasang iklan yang berasal
dari ad network atau jaringan iklan online adalah Anda bisa fokus menulis
artikel yang berkualitas tanpa harus bersusah payah mencari orang yang mau
memasang iklan di blog Anda. Kalau traffic blog Anda masih rendah tentu saja
tidak ada orang yang mau memasang iklan di blog Anda. Dengan bergabung di
jaringan iklan, Anda memiliki peluang untuk mendapatkan uang dari iklan. Namun
tentu saja, Anda tetap harus memiliki traffic blog yang tinggi agar pendapatan
iklan Anda semakin tinggi.
·
Kekurangan
Memasang
iklan dari ad network atau jaringan iklan tentu juga memiliki kekurangan, yaitu
jaringan iklan memiliki peraturan dalam pemasangan iklan yang harus Anda ikuti.
Hal ini tentu saja mengurangi kebebasan Anda dalam memasang iklan. Anda juga
tidak bisa menentukan iklan-iklan apa saja yang mau Anda tampilkan di blog atau
website Anda.
Contoh
Ad Networks
ad
network
4. Contextual Advertising
Iklan
yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi
telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan
dengan iklan tersebut. Contoh: Google AdSense dan Yahoo Publisher Network.
Analisis
Iklan
jenis ini hanya ditampilkan pada pengunjung yang benar-benar tertarik dengan
produk atau jasa yang di iklankan, jadi hasil promosi anda lebih terarah sesuai
target yang dikehendaki. Maksudnya
iklan kita akan di respon hanya pengunjung yang tertarik saja, sehingga
penempatan iklan juga harus di publish yang strategis seperti pada situs web
dengan trafik rank cukup tinggi.sistem pembayaran yaitu apabila ada pengunjung
yang meng-klik iklan kita.
Kelebihan
Kelebihan yang dimiliki oleh iklan ini
posisi iklan sudah otomatis dipilih oleh sistem yang tepat sesuai produk yang
dipromosikan, sehingga pengguna internet atau konsumen yang akan bergabung akan
lebih banyak melihat iklan tersebut.
Pembayaran iklan murah karena diambil hitungan per klik dai para
pengunjung. Contoh pembayaran misalkan per klik harganya Rp.500 Jika kita hanya
mempunyai dana untuk Iklan sebesar Rp. 100.000 saja, maka Iklan kita sudah dapat
200 kali klik oleh para pengunjung. Cukup lumayan murah dan efisien.
Kekurangan
Karena
dipilih secara otomatis oleh sistem, sehingga pasar konsumen tidak bisa
ditentukan oleh pemasang iklan. Dalam bentuk ini, Iklan tidak ditampilkan
secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan
content yang relevan dengan iklan tersebut.
Contoh
Contextual Advertising
contextual-adv
5. Twitter Advertising
Iklan
yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword
yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai
dengan keyword yang dipilih. Contoh: Magpie dan Twittad
Analisa
Jenis
Iklan ini yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan
berbasis keyword yang pendek seperti sebuah link untuk di klik dan dikunjungi
pada situs yang disarankan, dan juga seperti rangkaian kalimat promosi hanya
bagian penting saja seperti nama produk, sample produk dalam bentuk gambar,
harga, alamat toko dan nomor kontak yang bisa dihubungi langsung kepada pemilik
iklan tersebut.
Kelebihan
kelebihan
dari iklan ini memungkinkan produk/jasa yang dipromosikan atau diiklankan akan
banyak dikunjungi oleh konsumen yang akan bergabung, melihat banyaknya pengguna
twitter sehingga sangat meyakinkan akan banyak pengguna dan lebih banyak
mendapatkan calon konsumen.
Kekurangan
kekuranganya
iklan ini banyak orang yang tidak tahu karena iklan yang muncul bentuknya kecil
sehingga sedikit orang yang tahu. Dalam hitungan menit tweets iklan kita akan
bergeser kebawah hingga tidak akan terlihat karena banyak tweets baru yang
muncul. Kekurangan jenis iklan ini juga dibatasi oleh karakter dan huruf dalam
penulisannya karena twitter membatasi 140 karakter, sehingga dibutuhkan kalimat
pendek yang unik dan yang dianggap paling penting saja.
Contoh
Twitter Advertising
twiter
adv
6. In-Text Advertising
Sistem
in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam
website dengan content iklan yang berhubungan. Contoh: Kontera dan Vibrant in-Text
AdSistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu
di dalam website dengan content iklan yang berhubungan.
Kelebihan:
Link
situs promosi dapat dilihat oleh semua pengguna.
Kekurangan:
sasaran
pasar tidak bisa diprediksi oleh perusahaan pemasang iklan
Contoh
In-Text Adv
in
text adv
7. Ad Network Optimization
Jasa
optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk
ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran
iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya. Contoh: PubMatic dan
YieldBuild
Kelebihan:
Persaingan
dalam mempromosikan iklan lebih mudah jika visual dari iklan baik. Dan mendapat
efek positif terhadap persaingan iklan.
Kekurangan:
Perusahaan
kecil tidak dapat menggunakan bentuk iklan ini, dan tidak semua level produk
yang diiklankan dapat menggunakan bentuk iklan ini.
Contoh
Ad Network Optimization
ad-network-optimization
8. Rep Ad Agencies
Agen
periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi
penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brand besar
ataupun agensi iklan besar. Contoh: Federated Media dan Tribal Fusion
Kelebihan:
kelebihan
iklan ini dapat Memudahkan perusahan dalam mempromosikan produk/jasa mereka dan
dapat di prediksi terlebih dahulu. Karena pihak agensi ikut serta membantu
strategi pemasaran.
Kekurangan:
Besarnya
biaya pengeluaran iklan, karena iklan dipromosikan melalui beberapa pihak
penyedia ruang iklan dan perantara.
Contoh
Rep Ad Agencies
9. Social Advertising
Iklan
untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini
memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of
mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman. Contoh:
VideoEgg dan Meebo. Iklan untuk social media. Tidak seperti
iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial
seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi
langsung dari teman ke teman.
Kelebihan
promosi
lebih banyak melalui bentuk iklan ini karena digunakan di media sosial yang
banyak digunakan pengguna internet, sehingga memudahkan promosi dan tidak
memerlukan biaya yang besar.
Kekurangan
Harus
mempunyai website untuk memasang iklan atau blog lain agar memudahkan proses
promosi.
Contoh
Social Adv
social
adv
10. Video Advertising
Bentuk
iklan yang ditargetkan pada content video. Berbagai format tersedia, termasuk
iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya
content video tertentu. Contoh: Voxant dan AdSense for Video.
Kelebihan
dari iklan ini iklannya lebih menarik untuk dilihat oleh pengguna internet
karena isinya berbentuk audio visual dan gerakan-gerakan.
Kekurangannya tidak banyak orang yang
melihat iklan tersebut karena pengguan internet lebih fokus melihat video.
Contoh
Video adv
11. RSS Advertising
Iklan
ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content
RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi
tertentu. Contoh: Pheedo dan Feedvertising
Kelebihan:Dapat
menyesuaikan penempatan iklan melalui
klasifikasi kebutuhan yang sudah ditentukan.
Kekurangan: Tidak
banyak dilihat oleh semua pengguna internet.
Contoh
RSS adv
12. Sponsorship
Bentuk
bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk/layanan sebagai ganti promosi
terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak
digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk
banner. Adanya jenis iklan sponsor ini bisa
dilihat peluang dari pengelola situs web atau blog yang mempunyai trafik rank
tinggi sehingga sangat diminati oleh para pembisnis yaitu orang yang ingin
mempromosikan iklan produknya di situs tersebut karena melihat banyak
pengungjung yang dating ke situs tersebut. Orang yang mengiklankan disebut
sponsor yang mendonasikan uangnya kepada orang yang mempunyai situs website
tadi.
Kelebiahannya sasaran pasarnya lebih
banyak dan Lebih efektif, cara yang merupakan tidak terlalu berat dan efisiensi
dari waktu.
Kekurangan: biayanya
lebih cukup besar, pengerjaan iklan dibutuhkan kreatifitas agar mampu menarik
perhatian para pengunjung.
Conntoh
Sponsorship
Alasan
Mengapa Anda Harus Pasang Iklan di Internet, merupakan bagian dari Search
Engine Marketing salah satu yang sangat terkenal dengan iklan PPC Google
AdWords.
1. Lebih Tertaget
Dengan
beriklan di internet maka anda bisa mengetahui dengan sangat detail tentang
calon konsumen sesua dengan profile dan target demografi yang diinginkan.
Selain itu Anda juga bisa memilih agar iklan muncul untuk siapa dan berapa lama
kemunculannya. Juga kemudahan untuk bisa memilih orang-orang yang melihat iklan
Anda, apakah pria atau wanita, apa saja kegemarannya, berapa umurnya,
kebiasaannya dalam berbelanja online, topik apa yang suka dia baca, lokasinya
dimana, dan masih banyak lagi. Dengan kemampuan seperti itu maka secara
otomatis Anda juga akan sangat mudah mentargetkan iklan agar lebih efektif.
Tentu saja dengan menguasai dengan baik cara pasang iklan di internet secara
efektif maka akan mendongkrak penjualan produk Anda.
2. Lebih Fleksibel
Beriklan
di internet juga memberikan Anda
kekuasaan penuh terhadap iklan yang Anda pasang. Katakanlah ternyata iklan
tersebut salah maka Anda bisa menghentikan iklan tersebut kapan pun yang Anda
mau. Anda bisa mengubah dan memperbaikinya agar sesuai keinginan. Dengan cara
seperti ini Anda bisa mengantisipasi agar tidak menghambur-hamburkan uang
secara sia-sia.
3. Lebih Murah
Tahukah
Anda berapa biaya memasang iklan di media televisi? Biayanya yaitu 5 juta untuk
30 detik dan ini adalah yang paling murah. Sungguh angka yang sangat fantastis
bukan? Namun lain halnya dengan biaya iklan di internet yang sangat terjangkau,
katakanlah dengan uang Rp 100 ribu saja Anda bisa memasang iklan di Facebook.
Selain itu Anda juga bisa menyesuaikan jenis iklan apa yang muncul dan berapa
lama kemunculannya. Semua hal tersebut bisa Anda atur sendiri. Semakin besar
alokasi biaya iklan tentu iklan digital tersebut akan terekspose lebih luas dan
lebih lama.
4. Langit Adalah Batas Kreatifitas
Konten-konten yang disajikan dengan beriklan
di internet bisa sangat beragam. Konten tersebut Bisa berupa flash banner, text
link, video ads, program affiliasi dan masih banyak lagi. Pekerjakan saja
seorang desainer banner profesional maka Anda bisa membuat produk Anda menjadi
jauh lebih menarik. Atau jika Anda punya dana lebih Anda bisa membuat iklan
video berdurasi pendek lalu mempromosikan di sosial media. Dengan cara ini Anda
bisa menekan biaya pemasaran seefektif mungkin sekaligus meningkatkan brand
awarness kepada masyarakat.
5. Bisa Anda Lakukan Sendiri
Inilah
salah satu kelebihan terbaik dari iklan di internet yaitu semua bisa Anda
lakukan sendiri. Anda juga bisa membuat sendiri konten yang ingin dipasang
nanti. Katakanlah Anda ingin memasang iklan AdWords atau Google Display Network
di Google, Facebook Ads, Yahoo, Twitter Ads, YouTube dan Anda tidak tahu
caranya, Anda bisa mencari sendiri informasi di internet tentang cara memasang
iklan di Facebook. Gunakan Google untuk mencari informasi yang tepat tentang
cara memasang iklan di internet, cara membuat banner iklan yang menarik atau
cara membuat tagline iklan. Mudah bukan? Setelah Anda membaca artikel tentang
membaca 5 Alasan Mengapa Anda Harus Memasang Iklan Di Internet di atas maka
segeralah take action. Atur strategi pemasaran sebaik mungkin dan pastikan
produk Anda bisa bersaing untuk meningkatkan jumlah konsumen Anda. Bila iklan
yang diinginkan ingin dikelola oleh profesional, agar tepat sasaran hubungi
silahkan diskusikan dengan ahlinya, penyedia jasa digital marketing, mereka
memiliki trick jitu agar iklan lebih efektif dan tepat sasarn.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Abdul Kadir, 2014, Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi, Jogjakarta
: Andi
2.
M. Kom,. S.Kom,
Yuhefiza, 2013, Cara Mudah dan Murah
Membangun dan Mengelola Website, Yogyakarta : PT. Graha Ilmu.
3.
Armada, Dwi Arif.
Mashadi, 2010, Teknologi Informasi dan
Komunikasi untuk SMP /MTs Kelas IX, Jakarta : Pusat Perbukuan Kementrian
Pendidikan Nasional.
No comments:
Post a Comment